What Mind Think The Body Will Create.



apakah kalian termasuk orang yang susah untuk mengkondiskan diri agar selalu berpikir positif? dan sebaliknya, malah gampang banget buat terjebak di pikiran yang negatif? padahal, berpikir negatif itu menguras pikiran dan tenaga lho. yang mana sangat merugikan diri sendiri. 

lantas, gimana dong caranya biar terhindar dari pikiran negatif?

berpikir positif itu ternyata bisa membuat sugesti yang baik, yang mana tubuh kita akan merespon dan melakukan tindakan sesuai apa yang kita pikirkan. kalo bahasa london nya itu.... What Mind Think The Body Will Create.  

Berfikir positif adalah kegiatan memusatkan pikiran terhadap sesuatu hal yang baik meskipun sebenernya gak baik, atau bisa juga menjaga kondisi pikiran yang terbuka terhadap masalah yang ada.
oke, setelah ngejelasin sedikit tentang gambaran berpikir positif. Berikut adalah langkah-langkah agar menjadi orang yang selalu berfikir positif :


1. SUGESTI

Faktanya, pasien rumah sakit yang kamarnya berada dekat dengan jendela dimana ruang tersebut memberikan view atau pemandangan yang bagus (seperti kebun, pepohonan, atau taman bunga) akan mudah dan cepat untuk sembuh, ketimbang pasien yang kamarnya sama sekali tidak memberikan pemandangan yang menarik.  kenapa demikian? karena adanya sugesti. si pasien dengan view bagus mendapatkan sugesti yang positif. sedangkan si pasien satunya hanya mendapatkan kondisi yang kurang baik. sehingga tingkat kesembuhan nya tidak secepat si pasien yang pertama.

Upayakan selalu mengkondisikan keadaan pikiran kita berisi hal-hal yang baik, agar sugesti positif dapat terbentuk. buang jauh-jauh pemikiran yang buruk, walaupun cuma sesaat. karena bagaimanapun, aura negatif yang kita bawa sedikit banyak nya akan terus tertanam menjadi habit seiring dengan berjalan nya waktu. terlebih, jika aura negatif itu terus mendominasi di dalam diri kita, maka tindakan atau aktifitas apapun yang kita lakukan akan mengarah pada hal-hal buruk. jadi, sebisa mungkin jangan biarkan hal negatif sekecil apapun betengger. walaupun cuma numpang lewat doang. maka dari itu, perbanyaklah dzikir dan istighfar. agar hati dan pikiran menjadi tenang dan damai.

Waktu yang pas buat menanamkan sugesti positif adalah pada pagi hari. karena waktu pagi itu keadaan yang tepat buat kita menempatkan diri untuk senantiasa berfikir positif. Start your morning off with positive thoughts and it's guaranteed to be a better day

Because, One Small Positive Though In The Morning Can Change Your Whole Day. 

Ketika bangun pagi sugestikan diri kita buat hal-hal yang baik. biar hari-hari kita terus berjalan dengan sesuai dengan rencana. kalo mulai dari bangun pagi kondisi fisik maupun batin kita baik, maka aktifitas apapun yang kita lakukan juga akan baik hasilnya.


Self Esteem

Contoh sederhana, coba deh ngaca depan cermin dan ngomong sama diri sendiri seperti gambar diatas. bahwa kita pintar, kita cerdas, kita bisa ngelakuin apapun yang kita mau, kita bisa mewujudkan mimpi-mimpi kita dengan mudah dll. 
dalam dunia psikologi, ini yang sering disebut sebagai self esteem atau menghargai diri sendiri. 

Self-esteem itu kebentuk dari pikiran sejak kita masih kecil, omongan-omongan yang kita terima dimasa kecil, perlakuan baik maupun buruk, bagaimana penerimaan diri kita oleh orang-orang di sekeliling kita, keberhasilan dan kegagalan yang kita alami selama ini. Semua tersimpan di alam bawah sadar kita dan menjadi ingatan sampai sekarang. Ingatan ini terus menjadi kesimpulan kita tentang siapa diri kita, sehingga kita akan bersikap dan berperilaku sesuai dengan kesimpuan diri kita itu.

jika kita sering menerima omongan negatif : 'kamu bodoh, kamu gak becus kalo kerja, kamu gak pantes buat sukses, udah nasib kamu menjadi orang miskin, dan bla bla bla"
seandainya aja kita meyakini omongan ini dan menganggap bahwa itulah kebenaran bagi diri kita, boleh jadi kita akan menjadi orang yang minder. rasa minder atau rendah diri ini selanjutnya membentuk self-esteem yang tidak sehat. ibarat robot, kita bakal keprogram buat jadi omongan buruk orang lain yang kita terima. jika kita menerima omongan "kamu gak bisa" dan percaya akan hal itu. maka kita akan beneran seperti apa yang di sugestikan. 



namun sebaliknya, jika kita mendapatkan dukungan dengan ucapan-ucapan positif seperti "kamu bisa, kamu adalah orang yang hebat, kamu pasti bisa sukses" maka, kita akan menjadi orang yang tergerak untuk melakukan aksi yang lebih sehingga kita bisa seperti apa yang mereka ucapkan. disinilah peran orang tua, sahabat dan guru sangat dibutuhkan untuk selalu mendukung dan memberikan dorongan. bukan nya malah menjatuhkan. karena bagaimanapun, mulutmu adalah harimaumu.

Kalo kita ngelakuin self esteem secara rutin setiap pagi. apa yang kita sugestikan tersebut bakal tertanam di alam bawah sadar pikiran kita, yang mana sugesti itu berguna untuk menstimulus pemikiran dan tindakan kita supaya hal tersebut terealisasikan dan terwujudkan. 

well, kalo kita berpikir bahwa kita cerdas, maka organ di tubuh kita, yaitu otak akan merespon dan memberikan feed-back yang baik yang sesuai dengan pemikiran. misal lagi ujian di sekolah ataupun kampus, kalo dari awal kita menganggap diri kita gak bisa, maka bakal berneran gak bisa. tapi kalo kita yakin kita pasti bisa, seterusnya akan bisa. karena suber keyakinan ada di diri sendiri (potensi, kekuatan pikiran), dan yakin. 

Hakikat dari agama adalah kepercayaan dan keyakinan. kalo kita gak yakin, bagaimana bisa kita ngelakuin nya? kita menghormati diri sendiri sebab kita yakin bahwa kita adalah makhluk ciptaan Allah, dimana semua ciptaan Allah pasti ada maksud dan tujuan baiknya. semua manusia mempunyai potensi masing-masing, semua hebat dengan cara dan gaya nya tersendiri. tinggal bagaimana kita bertindak dan berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan potensi yang kita miliki.

nih coba baca tulisan saya yang sebelum nya tentang potensi diri --->> Klik Disini


2. BERSYUKUR

Tidak ada hal yang lebih baik lagi di banding dengan bersyukur. dengan bersyukur kita senantiasa mengkondisikan diri kita ke dalam zona nyaman terhadap apa yang sudah kita punya atau miliki. perlu di ketahui bahwa, relasi bersyukur juga menyangkut hamba dengan Tuhan-nya. If You Thankful, Allah Will Add For You

Allah akan menambah nikmatnya yang sangat banyak jika kita bersyukur terhadap apapun. dari sinilah pemikiran baik atau Husnudzon akan terbentuk (Tuhan dengan hamba-Nya, dan hamba dengan Tuhan-nya). dengan bersyukur kita pasti yakin bahwa Allah akan menambah nikmatnya yang begitu banyak kepada kita. nah, keyakinan itu yang memicu pemikiran positif yang timbul di kehidupan kita.

3. TINDAKAN

Suatu hal kalo cuma di rencanakan tanpa adanya tindakan yang nyata itu gak bagus dan terkadang malah jadi hal yang terlupakan. lakukan apa yang baik buat kita hari ini, jangan biarin orang lain ngelakuin hal yang bisa menjauhkan kita dari hal-hal tersebut. buat rencana yang jelas, yang mana bisa menuntun kita untuk segera melakukan tindakan itu.

misalnya hari ini kamu mau baca buku, terus abis itu ngeberesin kamar. maka, jangan selalu menunda-nunda waktu buat ngelakuin itu. langsung realisasikan dengan tindakan, supaya gak ada faktor-faktor lain yang muncul seperti adanya rasa males, pengen tidur atau malah gak ngapa-ngapain. pokoknya, lakuin apa aja supaya bisa mengkondisikan diri dan pikiran kita berada di zona yang positif. walaupun itu kecil atau hal sepele. Just remember, SMALL CHANGES CAN MAKE A BIG DIFFERENCES!

Berpikir positif dapat menyelamatkan hati dan hidup kita, sebab hati yang bersih adalah hati yang tidak menyimpan hal-hal buruk. Hati yang tenteram adalah hati yang tidak memendam rasa benci atau hal-hal kotor. berpikir positif bisa juga membuat hidup kita lebih legowo, karena Allah seringkali menyiapkan rencana- rencana yang mengejutkan bagi hamba-Nya. dan pasti selalu baik.

Nikmatilah hidup dengan selalu tersenyum, ringan dalam melangkah, pemikiran yang cerah, serta memandang dunia dengan wajah berseri-seri. karena hidup adalah anugrah terbesar yang Allah berikan kepada kita. hidup pun terlalu singkat jika dihabiskan dengan berfikir negatif. ingatlah bahwa Allah selalu beserta dengan prasangka hamba-hamba-Nya

so, stay positve and be awesome :) 


2 komentar:

  1. Keren gus, pembahasan nya mudah dimengerti, sistematis, dan religius tentunya

    ReplyDelete

agustards. Powered by Blogger.

© 2014 A G U S T A R D S, AllRightsReserved.

Designed by agustards